Jenis Bahasa Pemrograman yang Harus Dipelajari Web Developer

digital-marketing-agency

Digital marketing agency – Web developer yang bisa membuat berbagai macam aplikasi atau website semakin banyak dicari oleh perusahaan. Oleh sebab itulah, cukup banyak orang yang sedari dini mulai belajar mengenai pemrograman. Selain karena sedang banyak dicari, gaji seorang web developer sendiri pun tidak main-main. Gaji seorang web developer bahkan bisa mencapai dua digit besarnya. Akan tetapi untuk bisa menguasai segala macam bidang dalam pemrograman tidak mudah. Ada banyak hal penting yang harus diketahui, salah satunya adalah bahasa pemrograman. Secara garis besar bahasa pemrograman adalah kumpulan sintaks yang dipakai untuk memerintahkan perangkat lunak pada komputer. Bahasa pemrograman juga sering disebut sebagai bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer.

7 Jenis Bahasa Pemrograman yang Perlu Dipelajari

Bahasa pemrograman bisa membantu menciptakan situs sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang ingin dikembangkan. Website sendiri dibuat dari baris-baris kode yang menjadi sebuah file. Dimana setiap file ini terhubung dengan file lainnya lewat berbagai perintah di dalamnya. Secara umum, bahasa pemrograman memiliki beberapa fungsi utama. Seperti media komunikasi antara operator dengan mesin, media mengoperasikan mesin, memberikan perintah kepada mesin dan komputer.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang web developer. Maka berikut ini ada beberapa jenis bahasa pemrograman yang bisa dipelajari.

  1. Python

Untuk bahasa pemrograman ini banyak dipakai oleh perusahaan besar. Misalnya Instagram, Nasa, Google, Yahoo, YouTube, dan Reddit. Python ini termasuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. Sama seperti Java, python dapat dipakai untuk membangun aplikasi dari website dan mobile. Jika baru mulai belajar mengenai pemrograman, maka Python ini termasuk mudah dipelajari. Selain itu sintaks cukup sederhana.

  1. Java

Merupakan bahasa pemrograman yang populer. Java tidak hanya bisa untuk membuat aplikasi desktop saja. Namun juga bisa dipakai untuk membuat aplikasi mobile. Bahasa pemrograman ini dikembangkan di tahun 1991 dan sejak perilisannya langsung naik serta menjadi bahasa pemrograman favorit. Nuansa baru yang diberikan Java serta Sun memberikan source code Java cuma-cuma lewat internet. Hal ini membuat Java menjadi mudah berkembang dan dikenal oleh banyak pengembang. Tidak heran jika Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang wajib untuk dikuasai.

  1. Javascript

Menggunakan bahasa pemrograman ini akan membuat website menjadi menarik dan interaktif. Javascript ini dimulai pada tahun 1994, saat internet dan website sedang mengalami perkembangan pesat. Pada saat itu website dibuat menggunakan bahasa pemrograman PERL yang pemrosesannya hanya dapat dilakukan di sisi web server. Saat ini banyak website yang memakai Javascript untuk kode program di dalamnya. Selain dipakai untuk membuat website, Javascript juga bisa dipakai untuk pengembangan aplikasi mobile, game, dan desktop.

  1. HTML

Berasal dari bahasa pemrograman yang bernama GML (generalized markup language). Dikembangkan oleh IBM sekitar tahun 1980 dan berkembang menjadi SDML. Untuk HTML sendiri adalah bagian dari SDML yang dapat dipakai untuk kebutuhan browsing di internet. HTML (hypertext markup language) yang mana sering digunakan untuk membangun website secara lebih mudah dan cepat. Menggunakan HTML bisa melakukan banyak hal. Seperti menyisipkan link, mengatur style dan struktur teks sampai membuat objek pada halaman website.

  1. PHP

Sejak dikembangkan di tahun 1994, PHP menjadi salah satu bahasa komputer populer di kalangan web developer. Banyak website besar yang menggunakan PHP sebagai salah satu komponen. Misalnya CMS seperti WordPress dan Jomla. Facebook dan Wikipedia pun menjadi salah satu pengguna PHP juga. PHP sendiri merupakan sebuah bahasa script yang tidak hanya melakukan kompilasi dalam pemakaiannya.