TIPS MENGATASI TERLAMBAT DATANG BULAN

TIPS MENGATASI TERLAMBAT DATANG BULAN

Masalah pada wanita yaitu terkait siklus menstruasi. Rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari, namun ada sebagian wanita yang mengalami keterlambatan datang bulan karena perubahan gaya hidup atau kondisi yang dapat berpengaruh terhadap hormon. Namun, setiap wanita juga mengalami terlambat datang bulan ini berbeda beda. Penyebab datang bulan ini ada yang normal, namun ada juga yang terlambat datang bulan karena efek samping obat-obatan atau masalah kesehatan. Hal ini juga dapat disebabkan karena stress, stres ini memang sangat berpengaruh terhadap hormon tubuh. Berat badan turun juga disebabkan karena terlambat datang bulan. Jika anda menggunakan alat kontrasepsi ini misal minum pil maka hal ini juga akan mempengaruhi siklus haid yang biasa nya teratur menjadi terlambat datang bulan.

Mengatasi Terlambat Datang Bulan

Usia subur wanita memang sering mengalami terlambat datang bulan. Datang bulan ini normalnya terjadi 21-35 hari sekali. Dan lama datang bulan ini sekitar 8 hari. Dari rentang 21-35 hari ini merupakan bukanlah terlambat datang bulan. Sehingga ketika anda mengalami datang bulan ini tidak mesti mendapatkan tanggal yang sama. Adapun jika datang bulan ini terlambat dapat ditandai dengan tidak haidnya selama lebih dari 35 hari. Datang bulan terlambat ini membuat orang khawatir. Jika terjadi pada awal menstruasi dan saat akan mengalami menopause, terlambat datang bulan ini merupakan hal normal. Untuk itu, jika terlambat datang bulan karena terjadi kondisi diatas maka hal tersebut karena memang datang bulan tidak normal.  Simak, penjelasan berikut cara mengatasi terlambat datang bulan, diantaranya;

  • Pastikan Hamil atau tidak

Jika sudah berkeluarga, terlambat datang bulan ini bisa jadi karena ada kehamilan. Jika memang berhubungan badan setelah datang bulan terakhir, mungkin saja hamil ini penyebab terlambat datang bulan. Ada baiknya jika anda tetap berpikir positif, tidak menduga terlambat datang haid karena penyakit dan memastikan hamil atau tidak. Lakukan penggunaan testpack, jika memang hasilnya positif maka segera periksakan ke dokter.

  • Perbanyak konsumsi serat

Kelebihan berat badan dan obesitas ini merupakan penyebab paling sering terjadinya terlambat datang bulan. Aturlah pola makan dengan benar, perbanyak makan serat dari sayur dan buah. Dan kurangi makan makanan yang berlemak yang dapat mengakibatkan berat badan naik.

  • Hindari olahraga berat

Bagi anda yang menyukai olahraga berat seperti angkat beban atau olahraga fisik, hal ini juga dapat menjadi penyebab terlambat datang bulan. Olahraga berat ini dapat membuat keseimbangan hormon terganggu seperti hormon estrogen dan progesterone.

  • Mengkonsumsi vitamin C

Vitamin C dapat dipercaya untuk mengatasi terlambat datang bulan. Vitamin C ini dapat meningkatkan hormon estrogen dan menurunkan hormon progesterone yang dapat mendorong rahim berkontraksi dan lapisan rahim meluruh. Namun belum dapat dipastikan bukti hal ini. Anda dapat mengonsumsi vitamin C yang tinggi, seperti jeruk, blackcurrant, brokoli, bayam, tomat, paprika merah dan hijau atau suplemen vitamin C sesuai anjuran dokter.

  • Pergi ke dokter

Ketika mengalami terlambat datang bulan selama tiga bulan atau berturut-turut lebih, maka hal ini harus anda periksa kan lebih lanjut ke dokter. karena, hal ini merupakan sangat penting, mencegah lebih baik daripada mengobati setelah nya.

Nah, itulah tips mengatasi masalah terlambat datang bulan. Anda juga dapat menandai pada kalender khusus untuk mencatat siklus menstruasi secara jelas. Sehingga hal ini juga dapat membantu apakah terlambat datang bulan atau tidak. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *